SWOT

Apa itu “Swot” ? Sejenis makanan luar negeri ? Ya… nga lah
Swot adalah kepanjangan dari :
S : Strength (Kekuatan)
W : Weakness (Kelemahan)
O : Opportunity (Peluang)
T : Threat (Ancaman)
Maksudnya, dalam pengembangan dan pengelolaan suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis memerlukan suatu perencanaan strategis. Hal ini dilakukan dengan cara mengevaluasi permasalahan dari empat sisi yang berbeda (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Kekuatan yang ada dioptimalkan, kelemahan yang ada dibenahi, peluang atau kesempatan yang ada dimanfaatkan, serta ancaman yang ada diantisipasi.
Untuk contohnya, dapat dilihat di bawah ini :
Kekuatan : Pengetahuan/Kepakaran yang dimiliki, Produk baru atau pelayanan yang unik, Lokasi tempat perusahaan yang strategis, Kualitas produk atau proses.
Kelemahan : Kurangnya pengetahuan marketing, Produk yang tidak dapat dibedakan dengan produk kompetitor, Lokasi perusahaan yang terpencil, Kualitas produk yang jelek, Reputasi yang buruk.
Peluang : Pasar yang berkembang, Penggabungan 2 - 3 perusahaan atau aliansi, Segmen pasar yang baru, Pasar internasional, Pasar yang luang karena kompetitor yang tidak sanggup memenuhi permintaan customer.
Ancaman : Kompetitor baru di area yang sama, Persaingan harga dengan kompetitor, Kompetitor mengeluarkan produk baru yang inovatif, Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar, Diperkenankannya pajak penjualan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Text

Followers

cirebon city

jam