HUKUM PARETO

Hukum Pareto secara tidak sadar mungkin pernah kalian terapkan dalam kehidupan ini. Untuk sohibku yang di Kendari, khususnya MI’03, halo semuanya ….. Teman - temanku, secara tidak langsung kalian telah menerapkan hukum ini lho, yaitu melalui kegiatan bazar Ramadhan yang kalian selenggarakan, masing - masing individu yang tergabung dalam tim pemasaran mendapatkan tugas untuk memasarkan beberapa kupon bazar. Ingat, kan ? Aku adalah salah satu pembelinya pada waktu itu. Aku ikut nongkrong ama sohibku si Zeni, sayang sohibku si Ling2 nga bisa ikut, lagi ada keperluan sih... Waktu itu temanku si Idul memainkan gitarnya.
Aku kagum lho dengan kepiawaianmu membuat program, Dul,... Aku kasih dua jempol deh buatmu, he..he..he..
Hai, lagi pada ngapain kalian nih ? I miss U....
Kalian bertanya - tanya kan ngapain sih ‘ko kait - kaitkan kegiatan bazar dengan Hukum Pareto ? Begini, lho…Hukum Pareto(Pareto’s Law) dikenal dengan Prinsip 80/20 (The 80/20 Principle), artinya 20% kegiatan usaha yang memberikan kontribusi 80% kesuksesan. Pencetusnya adalah “Vilfredo Pareto”, ekonom Italia.
Jika saya jabarkan adalah sebagai berikut…
Misalnya saya punya 40 kupon bazar yang akan dipasarkan.
Cara pertama, saya menjualnya sendiri, menawarkan pada orang - orang yang berminat akan bazar saya. Tentu saja cara ini akan memakan waktu lama dan merupakan pekerjaan yang melelahkan bagi saya karena memasarkannya seorang diri. Berbeda jika saya memasarkannya dengan cara yang kedua yaitu saya meminta bantuan teman dekat dan famili saya untuk memasarkannya, misalnya 8 orang dengan masing - masing orang mendapat tugas dari saya untuk memasarkan kupon sebanyak lima kupon. Dapat dipastikan, hasilnya akan lebih baik dari pada cara pertama. Dari segi waktu ternyata lebih efektif, kupon dapat terjual tanpa harus memakan waktu berhari - hari dan tentunya tidak terlalu menguras energiku. Lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan tenaga, bukan ? Nah, di sinilah hukum pareto berlaku, yaitu dengan kegiatan usaha yang minimal (20 %) ternyata menghasilkan output yang lebih besar(80%).
Btw, gimana sekarang kalian udah nga bertanya - tanya lagi kan ? Siip lah, kalo gitu…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Text

Followers

cirebon city

jam