PENYAKIT REMATIK

Penyakit rematik jenisnya bermacam-macam.Rematik adalah kelainan yang terjadi pada jaringan otot, sendi dan tulang rawan atau salah satu diantaranya. Penyakit rematik tidak selalu mengenai orang tua, beberapa jenis rematik justru lebih sering terjadi pada kaum muda.

Penyakit rematik yang dialami wanita muda biasanya antara lain :
1.Rheumatoid Arthritis (RA)
Yaitu kelainan sendi yang biasanya bersifat simetris (melibatkan sendi kanan - kiri), umumnya yang paling sering terkena adalah sendi - sendi jari tangan. Terjadi kekakuan pada pagi hari, kaku dan nyeri lebih dari satu jam
2.Psoariatic Arthritis
Yaitu kelainan sendi yang disertai kelainan kulit (Psoariasis).Sifat dan perjalanan penyakit kelainan ini bisa mirip dengan RA.
3.Systemic Lupus Erytematosus
Yaitu kelainan reumatologi yang terdiri dari beberapa gejala (penyakit ini sering disebut great imitator), gejala tersebut antara lain : riwayat fotosensitif (tidak tahan terpapar sinar matahari), riwayat oral ulcer(sariawan berulang), kelainan kulit wajah (malar rash, lesi discoid), sering nyeri sendi, kelainan sistem saraf - jiwa, kelainan jantung - paru, darah, ginjal dan seterusnya.

Penyakit rematik pada usia muda sebetulnya lebih sering merupakan penyakit autoimun. Penyebab penyakit ini masih kontroversial sehingga tidak bisa disebut sebagai penyakit keturunan. Penyebabnya bisa karena obat - obatan, insektisida, radiasi atau kelainan lain yang tidak dapat dijelaskan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Text

Followers

cirebon city

jam