MARKETING MIX

Ada empat hal yang dikenal dalam Marketing mix, yakni : produk,price, place dan promotion. Namun dalam pemasaran jasa atau services marketing, masih ada 4P yang lain yaitu Process, People, Physical Environment dan Productivity & Quality.
Pemasaran jasa memiliki lebih banyak aspek ketimbang produk karena karakteristik keduanya berbeda. Sebelum menjelaskan 4P tambahan dalam pemasaran jasa, kita lihat dulu perbedaaan antara Jasa dan Produk.
Perbedaan Produk dan Jasa
1.Produk adalah sesuatu yang tangible, terlihat secara fisik sedangkan Jasa adalah intangible.
2.Pada Produk, ada rentang waktu antara proses produksi, delivery dan konsumsi sedangkan pada Jasa, ketiga proses dilakukan pada saat bersamaan.
3.Pelanggan tidak terlibat dalam proses produksi sebuah Produk, sebaliknya dalam Jasa, proses produksinya melibatkan langsung pelanggan.
4.Produk memiliki inventaris, tidak demikian halnya dengan Jasa.
5.Produk membutuhkan saluran distribusi secara fisik sedangkan Jasa bisa non-fisik seperti Internet.
Saat ini sulit mengkotak-kotakan lini bisnis perusahaan apakah berbasis Produk atau Jasa karena cenderung membaur. Perusahaan yang memiliki produk juga menawarkan jasa sedangkan perusahaan jasa mulai masuk ke produk. Strategi ini tentunya demi memberikan customer value yang lebih tinggi.
4P tambahan :
1.Process.
Komponen ini adalah serangkaian aktivitas yang terjadi pada saat penghantaran jasa. Sebagai sesuatu yang intangible, workflow di atas kertas itulah ‘wujud’ sebuah jasa.
2.People.
Workflow tak berarti tanpa orang yang menjalankannya. Oleh karena itu, orang juga termasuk dalam komponen marketing mix jasa.
3.Physical Environment.
Ini adalah elemen-elemen fisik pada saat menghantarkan jasa yang menentukan juga nilai dari jasa tersebut di mata konsumen.
4.Productivity & Quality.
Dalam Jasa juga ada komponen biaya yang dihitung berdasarkan aktivitas, makanya kita mengenal istilah activity based accounting. Sementara itu kualitas sangat penting pada jasa ketimbang pada produk. Jika produk kualitas rendah masih bisa laku di pasar, tidak demikian halnya dengan jasa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Text

Followers

cirebon city

jam