BERKENALAN DENGAN JAVA

Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk mengasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitektur tertentu.
Mula-mula James Gosling menyebut bahasa pemrograman yang dihasilkan dengan OAK, tetapi karena OAK sendiri merupakan nama dari bahasa pemrograman komputer yang sudah ada maka kemudian Sun mengubahnya menjadi Java (dari inspirasi minum kopi).
Java merupakan bahasa yang powerfull yang bisa digunakan dalam hampir semua bentuk pengembangan software. Anda dapat menggunakan Java untuk membuat game, aplikasi desktop, aplikasi web, aplikasi enterprise, aplikasi jaringan, dan lain-lain. Yang menarik adalah bahwa Java bisa digunakan untuk membuat program yang dapat berjalan di atas HP, PDA, dan peralatan lain yang dilengkapi dengan Java Virtual Machine (JVM).
KEUNGGULAN JAVA
1. Java bersifat sederhana dan relative mudah digunakan. Hal ini disebabkan Java dikembangkan dari bahasa C++ yang bersifat object oriented dengan menghilangkan beberapa fitur dan menambah fitur-fitur yang dianggap penting.
2. Java berorientasi objek (Object Oriented) dalam menyusun program. Java membagi program menjadi objek-objek, kemudian objek-objek tersebut dimodelkan sesuai karakteristik masing-masing. Selanjutnya, Java mengatur hubungan antar objek tersebut.
3. Java bersifat terdistribusi, yaitu dapat digunakan pada jaringan yang luas tidak hanya pada personal computer (PC).
4. Java bersifat multiplatform sehingga Java dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, Apple, dan lainnya, tanpa melakukan banyak konfiguasi.
5. Java bersifat multithread, yaitu mampu mengerjakan beberapa proses dalam waktu yang hampir bersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Text

Followers

cirebon city

jam